makalah teknik komunikasi kolaborasi antara guru dan orang tua

 

TUGAS KELOMPOK 3

 

KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK

 

“TEKNIK KOMUNIKASI DENGAN ORANG TUA”

 

 

 

ANGGOTA

  1. FITRIA SUSANTI             1105788
  2. RISNAWATI                      1105789
  3. SAIDAH                                       1105800
  4. VANY WULANDARY      1105782
  5. HANIFAN MUSLIMAH    1105806
  6. IRMA YANTI                     1105769
  7. KURNIA JULITA              1105755

 

 

 

 

PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS NEGERI PADANG

2012

 

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR.. 2

BAB I PENDAHULUAN.. 3

A, Latar Belakang. 3

B, Tujuan. 3

C, Manfaat 3

D, Metode Penulisan. 4

BAB II PEMBAHASAN.. 5

Pengertian Komunikasi 5

Komunikasi Resmi 5

Komunikasi Tidak Resmi 7

BAB III. 11

KESIMPULAN.. 11

Penutup. 11

DAFTAR PUSTAKA.. 12

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

            Puji syukur penulis ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa penulis ucapkan terimakasih kepada teman-teman dan dosen pembimbing  yang telah memberikan dukungan dan penjelasan dalam menyelesaikan makalah ini.

            Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga sengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amin…

Penulis

 

 

 

 

 

           

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. LATAR BELAKANG

Dalam melakukan komunikasi pada anak  perlu memperhatikan berbagai aspek diantaranya adalah usia tumbuh kembang anak, cara berkomunikasidengan anak, metode dalam berkomunikasi dengan anak tahapan atau langkah-langkah dalam melakukan komunikasi dengan anak serta peran orang tua dalammembantu proses komunikasi dengan anak sehingga bisa didapatkan informasi yang benar dan akurat.

B.TUJUAN

Diharapkan kita mampu melakukan komunikasi yang baik dengan anak . Mememuhi salah satu tugas dari mata kuliah keperawatan anak I

C. MANFAAT

Mampu melaksanakan teknik komunikasi yang baik pada perkembangan anak Menambah ilmu pengetahuan kita tentang bagaimana teknik berrkomunikasi yang baik pada perkembangan anak

D.METODE PENULISAN

Penulis mengambil bahan dari internet dan dari sumbr-sumber buku lainya dan juga dari penjelasan yang diberikan dosen pembimbing mata kuliah kolaborasi antara guru dan orang tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini  serta hasil diskusi degan teman-teman.

           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

TEKNIK KOMUNIKASI DENGAN GURU

 

  1. PENGERTIAN KOMUNIKASI

 

Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”),secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna. Komunikasi diartikan proses sharing diantara dua pihak-pihak yang melakukanaktifitas komunikasi tersebut.Beberapa pengertian komunikasi dari berbagai ilmuan:

  1. Menurut Lexicograper ( ahli kamus bahasa )Komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan jikadua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama pesan yang salingdipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya.
  2. Dictionary edisi tahun 1977Kominikasi adalah suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sistemlambing-lambang , tanda-tanda atau tingkah laku.
  3. Frank E.X.DanceKomunikasi adalah Suatu proses dimana orang menyampaikan stimulus dengantujuan mengubah dan membentuk perilaku orang-orang lainnya.
  4. Movland, Janis dan Kelley ( 1953 )Komunikasi adalah Proses penyampaian informasi ,gagasan emosi , keahlian danlain-lain

Untuk lebih jelasnya dibawah ini akan dikemukakan beberapa pendapat para cerdik pandai yang mendalami komunikasi ini.

  1. Oxford Dictionary ( Oxford University Press, 1956 )

Menyatakan bahwa yang dimaksud dengan komunikasi adalah the sending or exchange of information, idea, etc. atau kurang lebih artinya “ pengiriman atau tukar menukar informasi, ide dan sebagainya “.

  1. Benny Kaluku

Dalam bukunya yang berjudul Planning menjelaskan bahea komunikasi adalah proses penyampaian penertian dan mengandung semua unsur prosedur yang dapat mempertemukan suatu pemikiran dengan pemikiran lainnya. dan ini menyangkut pidato tertulis dan lisan, musik, gambar, teater, ballet, dan semua kelakuan.

  1. Keith Davis

Dalam bukunya Human Relation at Work  menyebutkan bahwa komunikasi adalah proses jalur informasi dan pengertian dari seseorang ke orang lain.

  1. Phil Astrid Susanto

dalam bukunya komunikasi dalam teori dan praktek menyebutkan komunikasi adalah proses pengoperan lambang – lambang yang mengandung arti.

 

 

  1. Communicative Skill ( Air University-USA )

komunikasi adalah suatu proses yang mempunyai 3 komponrn. pertama, komunikator yaitu seseorang yang memindahkan arti. kedua, simbol untuk memindahkan arti. ketiga, penerima yaitu seseorang yang menerima simbol dan menterjamahkan artinya.

Raymond Ross

Komunikasi adalah proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu pendengar membangkitkan respons/ makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.

Gerald R. Miller

Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk memengaruhi perilaku mereka.

Everett M. Rogers

Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.

Carl I. Hovland

Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain.

New Comb

Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada penerima.

Bernard Barelson & Garry A. Steiner

Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dsb.

Colin Cherry

Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi dengan untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya.

Definisi komunikasi : Menurut Forsdale (1981) seorang ahli pendidikan terutama ilmu komunikasi : Dia menerangkan dalam sebuah kalimat bahwa “communication is the process by which a system is established, maintained and altered by means of shared signals that operate according to rules”. Komunikasi adalah suatu proses dimana suatu sistem dibentuk, dipelihara, dan diubah dengan tujuan bahwa sinyal-sinyal yang dikirimkan dan diterima dilakukan sesuai dengan aturan.

 

Analisis : Komunikasi adalah sebuah cara yang digunakan sehari-hari dalam menyampaikan pesan/rangsangan(stimulus) yang terbentuk melalui sebuah proses yang melibatkan dua orang atau lebih. Dimana satu sama lain memiliki peran dalam membuat pesan, mengubah isi dan makna, merespon pesan/rangsangan tersebut, serta memeliharanya di ruang publik. Dengan tujuan sang “receiver” (komunikan) dapat menerima sinyal-sinyal atau pesan yang dikirimkan oleh “source” (komunikator).

William J. Seller

William J.Seller mengatakan bahwa komunikasi adalah proses dimana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi arti.

Komunikasi antar 2 oreang memiliki 7 unsur dasar:

  • Maksud-maksud,gagasan-gagasan dan perasaan yang ada dalam diri pengirim serta bentuk tingkah laku yang dipilihnya.
  • Proses kodifikasi pesan oleh pengirim
  • Proses pengiriman pesan ke si mpenerima
  • Adanya saluran (chanel) atau media ke si penerima
  • Proses dekodifikasi pesan oleh penerima.
  • Tanggapan batin oleh penerima terhadap hasil interprestasinya tentang makna peasan yang di tangkap.
  • Kemungkinan adanya hambatan (noise)tertentu

 

B.KOMUNIKASI RESMI DAN TIDAK RESMI

Antara guru dan orang tua sebaiknya terjalin komunikasi yang timbalbalik. Orang tua mempunyai hak untuk mengetahui kemajuan pendidikan anaknya. Guru seharusnya merespon rasa ingin tahu orang tua terhadap prestasi anaknya. Komunikasiefektif menuntut orang tua dan guru untuk mengirimkan dan menerima keterangan tentang anak

Tiga alasan pentingnya komunikasi yang efektif antara orang tua dan guru menurut Chaatermole dan Robinson 1985 adalah :

  1. Para guru harus mengetahui kebutuhan anak dan harapan anak dan orang tua yang mengikuti program pendidikan sekolah,
  2. Para orang tua memerlukan keteranagan yang jelas mengenai segala hal yang di lakukan pihak sekolah, baik program, pelaksanaannya dan ketentuan yang berlaku di sekolah tersebut.
  3. Komunikasi yang baik akan membantu terselenggaranya proses pendidikan yang baik

 

Pada umumnya hal-hal yang ingin di ketahui orang tua berkaitan dengan (menuruh Heinz,1979):

  1. Kegiatan anak di sekolah
  2. Bagai mana tingkah laku atau sikap anak terhadap anak lain
  3. Bagaimana tingkah laku atau sikap teman-teman terhadap anak-anak mereka
  4. Bagaimana sikap mereka terhadap tugas-tugas yang di berikan di sekolah
  5. Apa yang di sukai dan tidak di sukai tentang tugas di sekolah
  6. Apakah guru memperhatikan anak mereka masing-masing

 

 

  1. TEKNIK KOMUNIKASI YANG TIDAK RESMI
    teknik komunikasi yang tidak resmi adalah penyampaian keterangan tentang apa yang terjadi pada jam sekolah dengan cara yang sederhana.

 

Contoh:

Cara guru menyapa orang tua dan bicara secara singkat pada saat orang tua mengantar anak atau pada saat anak di jemput.

Keterangan singkat dan tidak resmi mengenai tingkah laku anak.

 

  1. TEKNIK KOMUNIKASI YANG TIDAK RESMI

Teknik komunisi yang resmi adalah komunikasi yang di lakukan pihak sekolah dengan melibatkan seluruh orang tua dengan pengelola pendidikan(guru,krpala sekolah), dengan penyelenggara pendidikan (pengurus yayasan atau lembaga yang menyelenggarakan pendidikan) dan komite sekolah, atau hanya melibatkan seluruh orang tua dan penyelenggara dan komute sekolah.

Tekniknya:

 

 

 

  1. Undangan rapat dan diskusi, di awal tahun pelajaran berkenaan dengan permasalahan :
    1. Program sekolah (visi,misi sekolah)
    2. Tujuan pembelajaran(tujuan pendidikan)
    3. Waktu (lama waktu pelaksanaan pembelajaran)]
    4. Bentuk atau model pembelajaran
    5. Tata tertib atau peraturan pelaksanaan kegiatan program sekolah dan program pembelajaran.
    6. Hak dan kewajiban orang tua
    7. Perkembangan sarana dan prasarana.
    8. Kesejahteraan guru
    9. Sumber dana

 

`

Adapun tujuan teknik komunikasi :

  1. Pencapaian tujuan pendidikan
  2. Pemecahan masalah yang sedang di hadapi
  3. Kerja sama yang baik
  4. Memanfaatkan keahlian-keahlian yang di miliki oleh orang tua.
  5. Menempung ide-ide orang tua untuk menunjang program sekolah dan program pembelajaran
  6. Saling keterbukaan
  7. Untuk melahirkan rasa menghargai apa yang di miliki dan di punyai oleh anak(potensi yang di miliki anak), dan batas kemampuan pengembangannya, yang di miliki anak mereka dan bagai mana mengembangkannya
  8. Untuk memperbaiki atau menambah program pembelajaran yang telah di programkan
  9. Un tuk mengetahui sejauh mana pengetahuan yang di miliki orang tua dalam pelayanan tumkbuh kembang anak mereka dan pola asuh orag tua
  10. Untuk mengetahui permasalahan yang di hadapi anak didik baik di sekolah maupun di luar sekolah(krluarga) berhubungan dengan masalah fisik atau motorik, bahasa dan sosialisasinya salah satu kognitif, dan seninya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

 

  1. KESIMPULAN

Antara orang tua dan anak perlulah sering berkomunikasi yang baik dan benar.Untuk melakukan kominikasi yang baik dan benar itu maka perlu beberapa teknik dancara agar komunikasi yang dilakukan tersebut dapat menjalin hubungan yangharmonis.Selain itu kita juga harus mengerti komunikasi apa yang sesuai dengantumbuh kembang anak.Teknik komunikasi yang dapat di terapkan yaitu: tahu sikon, menciptakansuasana obrolan yang nyaman, usahakan untuk tidak memotong ucapan anak, janganmenghakimi ketika anak sedang bercerita atau mencurahkan permasalahannya, berikan motivasi dan ilmu dalam setiap pembicaraan, sekalipun dengan nada bercandaatau bergurau, biarkan ia berbicara secara ekspresif, mengungkapkan perasaannya, pemikiran dan harapan-harapannya.Yang terpenting dari semua cara/teknik di atas ialah adanya perhatian, kasihsayang dan ketulusan, serta kemauan untuk membuat hubungan dengan anak lebihharmonis.

  1. SARAN

Berkomunikasilah dengan baik dan benar dengan anak-anak, dengan berkomukasimaka akan tercipta hubungan yang harmonis antara orang tua dengan anak.Sebaliknya tanpa komunikasi maka tidak terciptanya hubungan yang harmonis antaraanak dengan orang tua, selain itu orang tua yang tanpa komunikasi yang baik dengananaknya maka anak akan merasa kurang diperhatikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_definisi_komunikasi

Supratiknya, A.(1995).Komunikasi Antar Pribadi Tinjauan Psikologi.Yogyakarta:Kanisius.

Nurdin.(2003).Sistem komunikasi Indonesia.PT Praja Grafindo prasarda.Jakarta.

Widjaya.A.W.(1993).Komunikasi Dan Hubungan Masyarakat.Bumi aksara.

http://meiliemma.wordpress.com/2006/10/17/definisi-komunikasi/

http://carapedia.com/pengertian_definisi_komunikasi_menurut_para_ahli_info487.html

citrobroto suhartin,Drs, 1989. prinsip-prinsip dan teknik berkomunikasi. jakarta: bhratara

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s