artikel pentingnya pembelajaran komputer pada anak usia dini

Image

PEMBELAJARAN COMPUTER PADA ANAK USIA DINI SANGAT DI PERLUKAN.

 

Salah satu tugas penting yang harus dilaksanakan oleh pendidik anak usia dini adalah menyiapkan anak didik agar dapat hidup di masa depan dengan lebih baik. Diperkirakan pada masa depan nanti penggunaan teknologi akan semakin mendominasi kehidupan kita. Untuk itu semenjak dini pendidik perlu mengenalkan teknologi tersebut kepada anak didik.Karena penguasaan teknologi dimasa depan akan menentukan kejayaan sebuah bangsa.

Tak ada batasan usia tertentu untuk memperkenalkan komputer pada anak, namun orang tua disarankan untuk mengenal betul kebutuhan anak-anak mereka.

Di era  globalisasi pada zaman skarang ini pembelajaran komputer sudah sangat di haruskan untuk di berikan pada anak usia dini.komputer sudah sangat tidak asing lagi. computer adalah salah satu media yang bisa di gunakan untuk mengembangkan aspek-spek perkemabangan anak  seperti motorik halus,kognitif,social emosional,nilai moral dan agama dan juga perkembangan bahasa anak.dengan computer pendidik bisa meberikan pembelajaran melalui software-software yang berisi pembelajaran yang menggunakan metode bercerita,metode bermain,metode bernyanyi atau berbagai macam metode yang di kombinasikan.misalkan : mengenalkan huruf alfabeth,angka,suara binatang,nama-nama benda dan hewan,berhitung,dan masih banyak yang lainnya.

Pembelajarn melalui software-software edukatif ini tentu  sangat menstimulasi perkembangan anak,bukan hanya menstimulasi tapi juga dapat membuat pembelajaran itu lebih menarik karna melihat gambar-gambar nya mendebgar suara-suaranya,dan melihat berbagai macam warna yang dapat membuat anak untuk tekun dan dapat menuat anak tidak bosan dalam melakukan pembelajaran

Selain sebagai media computer juga bukan hanya untuk sekedar menstimulasi anak tetapi juga untuk menjadi kan anak bersikap “LIFE READY”. di saat zaman sekarang ini bisa kita lihat teknologi sudah sangat canggih apa pun sellu menggunakan media computer apa pun jenisnnya selalu tidak asing drikomputer.oleh karna itu,pendidik harus mengenalkan apadan bagaimana computer tersebut kepada anak usia dini.tetapi perlu di garis bawahi disini pendidik hanya mengenalkan computer bukan mengajarkar kan computer tersebut,mengenalkan dalam arti seperti mengenalkan apa itu computer,apa fungsi computer tersebut,menunjukan bagian-bagian yang ada pada computer dengan bahsa yang bisa di pahami dan di terima oleh anak.

Namun ingat, selain manfaatnya yang sangat banyak, komputer bisa menjadi bumerang.

 

Bila pengawasan orang tua lemah, anak-anak bisa kecanduan komputer dan mengakibatkan berbagai dampak yang tidak diharapkan. Apalagi jika dilengkapi dengan Internet yang mampu membuat siapa pun lupa waktu.

 

Pakar pendidikan sekaligus guru besar di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Arief Rahman, menyatakan saat ini komputer merupakan sarana pelengkap pendidikan anak-anak. Tak ada salahnya untuk memperkenalkannya secara dini.

 

“Tidak ada batasan umur untuk mempelajari komputer karena yang menjadi patokan adalah keterampilan dan kematangan berpikir si anak. Jadi sangat mungkin jika anak berusia tiga tahun sudah bisa menguasai komputer,” ujar Arief.

 

Namun, sekali lagi diingatkan agar orang tua melakukan pengawasan secara ketat. Mereka disarankan untuk memilih program-program yang sesuai dengan usia anak.

 

Guru komputer Sekolah Dasar (SD) Daarul Quran International, Tangerang, Banten, Jawa Barat, Widyamukti A W, menyatakan sangat setuju dengan anjuran memperkenalkan komputer secara dini pada anak-anak.

 

Bahkan menurutnya, semakin cepat seorang anak mengenal komputer, kemampuan anak untuk berinteraksi dengan benda ini akan lebih baik.

 

Menurut pria yang akrab disapa Wiwid ini, kemampuan anak-anak mempelajari sesuatu cenderung lebih cepat jika dibandingkan orang dewasa.

 

Meski demikian, dia tidak setuju jika anak mulai diperkenalkan pada komputer pada tingkat taman kanak-kanak (TK).

 

“Pada usia ini anak masih senang bermain. Idealnya, anak-anak mulai dikenalkan saat usia SD,” katanya.

 

Menurut Wiwid, keuntungan yang bisa diambil dari pembelajaran komputer pada anak tingkat SD adalah mereka bisa mendapatkan hal-hal baru yang bermanfaat di luar pelajaran yang telah didapat di kelas.

 

Selain itu, mereka bisa mengasah kreativitas di luar kelas melalui program-program yang disediakan khusus bagi siswa sekolah dasar.

 

Di sisi lain, Wiwid mengingatkan agar anak jangan terlalu dipaksa untuk memahami benda elektronik ini. Jika pemaksaan terjadi, sangat mungkin mereka tak mau mencobanya.

 

Bahkan timbul kebencian pada komputer, dan kelak malahan menjadi beban akademik baginya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s